LEMBAHSARI BERSERI

DESTINASI WISATA DAN BEBAS SAMPAH

Lembah Sari, Batu Layar, Lombok Barat

Desa Lembah Sari merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Batu LayarkabupatenLombok Baratprovinsi Nusa Tenggara BaratIndonesia. Desa merupakan satu dari 9 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Lombok Barat. Desa ini memiliki kodepos 83355.

Desa                          Lembahsari
Negara  Indonesia
Provinsi Nusa Tenggara Barat
Kabupaten Lombok Barat
Kecamatan Batu Layar
Kodepos 83355
Luas 500km2
Jumlah penduduk 3.047 jiwa
Kepadatan … jiwa/km2

Desa ini memiliki jumlah penduduknya sebagian besar bersuku daerah Lombok. Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian petani.

Desa ini letaknya di bagian barat pulau Lombok. desa lembahsari merupakan salah satu desa yang berada diwilayah kecamatan batulayar dengan luas wilayah kurang lebih 500Ha, dan di pimpin oleh seorang kepala desa yang bernama H. SIBAWAEHI yang berasal dari dusun Lendangre, mata pencaharian penduduk relatif dengan paling dominan petani dan buruh harian lepas, desa lembah sari memiliki daerah administratif dengan membawahi 6 dusun mulai dari yag paling selatan dusun lendang re, lembahsari,sidemen lauq,eat gereneng,sidemen daye,dan paling utara dusun tibu ambung

Desa Lembahsari merupakan pemekaran dari Desa Kekait yang berada di Wilayah Kecamatan Gunungsari. Desa ini terbentuk dalam status Desa Persiapan pada tanggal 17 April 1998. Desa Persiapan Lembahsari, pertama kali dipimpin oleh H. Nuruddin. Desa ini mulai merambah laksana seorang bayi yang baru belajar merangkak. Dengan semangat kebersamaan, disepakati kantor Desa Lembahsari ditempatkan di Sidemen Lauq, dirumah pribadi Kepala Desa Persiapan, H. Nuruddin. Tahun 1999, Musbah, Sekretaris Desa waktu itu, mengundurkan diri dari habatannya. Kemudian Sadli Kepala Dusun Bengkaung Lauq ke-15 yang beberapa minggu sebelumnya mengundurkan diri dari jabatan Kadusnya, ditunjuk sebagai sekretaris desa menggantikan Musbah.

Pada tanggal 21 Desember 1999, H. Nuruddin Kepala Desa Lembahsari mengajukan surat pernyataan pengunduran dirinya. Kemudian LMD menetapkan Sadli (Sekretaris Desa) sebagai penggantinya. Pada bulan Maret 2000, Desa Persiapan Lembahsari dikukuhkan sebagai desa defenitif dengan SK Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 381 tahun 2000 tanggal 15 Maret 2000.

Pada tahun 2001, Desa Lembahsari yang semula terdiri dari empat Dusun yaitu: Sidemen Lauq, Sidemen Daye, Bengkaung Lauq dan Bengkaung Daye dimekarkan menjadi empat belas Dusun defenitif. Ketika Kecamatan Gunungsari dimekarkan menjadi Kecamatan Gunungsari dan Kecamatan Batulayar, Desa Lembahsari masuk wilayah Kecamatan Batulayar. Keempat belas Dusun yang setelah pemekaran adalah:

  1. Sidemen Lauq
  2. Sidemen Daye
  3. Bengkaung Lauq
  4. Bengkaung Tengak
  5. Bengkaung Daye
  6. Bunian
  7. Seraye
  8. Lendang Re
  9. Pusuk
  10. Batu Penyu
  11. Kedondong Bawaq
  12. Kedondong Atas
  13. Pelolat
  14. Bunut Boyot

Pada tanggal 22 Agustus 2001, Desa Lembahsari menyelenggarakan pemilihan Kepala Desa yang pertama. Sadli, Kepala Desa Persiapan sebelumnya terpilih menjadi Kepala Desa definitif yang pertama. Sebagai Sekertaris Desa ditunjuk H. Abdul Hafiz, mantan Kepala Dusun Sidemen Lauq. Dalam rentang tahun 2001 – 2007, kembali berbenah. Beberapak kali letak Kantor Desa dipindahkan. Mulai dari tempat lama di Sidemen Lauq, pindah ke Lendang Re tahun 1999, ke Bengkaung Tengak tahun 2005 dan kembali ditempat yang sekarang di Sidemen Lauq. Beberapa kali pergantian staf desa dan kepala-kepala Dusun. Berbagai peristiwa dengan beragam jenisnya mewarnai rona kehidupan di Desa Lembahsari.

Pada bulan Januari 2007, Lembahsari menyelenggarakan pemilihan Kepala Desa yang kedua dan kembali terpilih untuk kedua kalinya Sadli sebagai Kepala Desa Lembahsari periode 2007 – 2013. Desa Lembahsari kembali melanjutkan program pemerintahan dan pembangunan yang ditetapkan sebelumnya. Pada bulan Mei 2008, Desa Lembahsari ditunjuk mewakili Kecamatan Batulayar dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lombok Barat tahun 2008.

Desa Lembahsari dengan batas – batas wilayah administratip yang membentang dari Pusuk hingga Bengkaung Lauq, dari Sidemen Lauq hingga Bunut Boyot, memiliki area luas 1.720 hekta are, berpenduduk 7.618 jiwa (laki-laki 3.830 jiwa, perempuan 3.788 jiwa) atau sekitar 2.277 KK. Desa Lembahsari yang membawahi empat belas (14) dusun terdiri dari pegunungan, sekitar hutan dan dataran dengan iklim sedang. Menyiapkan sumber-sumber alam yang belum diolah secara maksimal menghasilkan berbagai jenis buah-buahan dan menumbuhkan padi, umbi-umbian, kacang-kacangan dan berbagai jenis produksi pertanian, perkebunan dan kehutanan lainnya. Menyediakan tenaga-tenaga tukang, buruh kasar dengan hasil produksi berkelas yang kalau sekiranya mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, akan menghasilkan mutu produksi yang lebih berdaya saing dipasar global. Desa, dengan penduduk yang bermata pencaharian sebagai: petani, pedagang, buruh, buruh tani, guru, pegawai, dan banyak lagi yang lainnya. Demikianlah sumber daya yang masih sangat memerlukan dukungan dan pembinaan dari Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten demi kemajuan dan perkembangan dalam penyelenggaraan desa ke depan.

Pada tahun 2018 tepatnya tanggal 20 dibulan desember Desa Lembahsari mengadakan Pemilihan Kepala Desa yang Keempat kalinya, dan terpilih H. Sibawaehi,S.PdI yang berasal dari Dusun Lendangre sebagai Kepala Desa Lembahsari Periode 2019-2025 untuk melanjutkan Program pemerintahan dan Pembangunan yang masih menjadi PR atas kepala Desa yang terdahulu yakni Sadli, dan H.Suratman. kepala Desa terpilih pun melakukan reposisi terhadap beberapa Kepala Urusan ada yang diganti dan ada juga yang mengundurkan diri sehingga terjadi perubahan perangkat desa dan yang menjabat yang baru dengan rincian Sebagai berikut:

No

Kaur

Yang lama

Yang Baru

1.

Sekdes

MUSTAWAL

SUHARDI

2.

KASI PEM

HASBULLAH

MUSTAWAL,S.PdI

3.

Kasi Pelayanan

MUNAWAR

SUHAILI

4.

Kaur Umum

SITI HIKMAH

SARTIKA

5.

KASI kesra

HASBULLAH

HERI IRAWAN,S.Pd

6.

 

7.

Kaur Perencanaan

Bendaha

M.SAID

 

Hj.MULIYANI

HASBULLOH

 

NURUL HIDAYATI,S.Pd

Desa Lembahsari saat ini membawahi 6 Dusun dari yang sebelumnya 14 Dusun, dikarenakan terjadinya Pemekaran dari Dua Desa yaitu Pusuk dan Bengkaung yang semula menjadi wilayah administratif dari Desa Lembahsari diantaranya yaitu:

  1. Dusun Lendang Re
  2. Dusun Lembahsari
  3. Dusun Sidemen lauq
  4. Dusun Eat gereneng
  5. Dusun Sidemen Daye
  6. Dusun Tibu Ambung

1.1.1. Demografi Desa

  1. Geografi

Secara geografis wilayah Desa Lembahsari Kecamatan Batulayar Desa Lembahsari terletak 7 Km kearah timur dari wilayah Kecamatan Batulayar dengan batas-batas wilayah:

  • Sebelah Utara: Desa Pusuk Lestari
  • Sebelah Selatan: Desa Sandik
  • Sebelah Barat: Desa Bengkaung
  • Sebelah Timur: Desa Kekait

Kantor Kepala Desa berada di wilayah Dusun Lembahsari sekaligus sebagai pusat Pemerintahan Desa.

  1. Geohidrologi

Wilayah Desa Lembahsari diapit oleh sungai, gunung dan hutan yaitu sungai / kali Sidemen sebagai batas wilayah dengan Desa Kekait, gunung sebagai batas wilayah dengan wilayah Desa Bengkaung dan Kebun Rakyat dan Hutan sebagai batas wilayah dengan wilayah Desa Pusuk Lestari, meskipun debit air sungai Sidemen tersebut beberapa tahun belakangan ini mulai bekurang akan tetapi belum penah mengalami kekeringan.

  1. Klimatologi

Kondisi iklim di sebagian besar Desa Lembahsari tidak jauh beda dengan kondisi iklim wilayah kecamatan Batulayar dan bahkan Desa Lembahsari secara umum dengan dua musim, yaitu musim kemarau yang berlangsung antara bulan Juni hingga Agustus dan musim hujan antara bulan September hingga Mei dengan temperatur / suhu udara pada tahun 2009 rata – rata berkisar antara 22,22 °C sampai 30,46 °C dan suhu maksimum terjadi pada bulan Oktober dengan suhu 32,10 °C serta suhu minimum 20,70 °C terjadi pada bulan Juni. Kelembaban udara berkisar antara 81,58 %, kelembaban udara maksimum terjadi pada bulan Maret dan Nopember sebesar 86,00 % sedangkan kelembaban minimum terjadi pada bulan September dan Agustus sebesar 77,00 %.

Lamanya penyinaran matahari yang terjadi selama tahun 2009 rata – rata 68,67 %, lamanya penyinaran matahari maksimum terjadi pada bulan Juli sebesar 86,00 % dan lamanya penyinaran matahari minimum terjadi pada bulan Februari, Nopember dan Desember sebesar 49,00 %. Kecepatan angin rata-rata yang terjadi selama tahun 2009 sebesar 207/8 knot, kecepatan maksimun terjadi pada bulan Februari yaitu 270/10 knot, sedangkan kecepatan minimum terjadi pada bulan Mei sebesar 135/8 knot. Tekanan udara yang ditandai dengan dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Tekanan udara berkisar antara 1.001,60 mbs – 1.006,60 mbs. Sedangkan keadaan curah hujan pada tahun 2009 sebesar 1000 / 1500 mm dengan curah hujan terendah bulan Juli sebesar 0,00 mm dan curah hujan tertinggi pada bulan Nopember sebesar 448,90 mm.

Desa Lembahsari yang membawahi empat belas (14) dusun terdiri dari pegunungan, sekitar hutan dan dataran dengan iklim sedang dengan tinggi tempat 250 mdl dengan bentang wilayah 8.000 m2.

1.1.2. Keadaan Sosial Desa

1.1.2.1. Intensifikasi Lahan dan Kondisi Prasarana Wilayah

  1. Tata guna lahan

No

Jenis Lahan

Luas (Ha)

%

Ket.

1

Persawahan

28

1,60

2

Perkebunan

802,928

47,02

3

Pekarangan

29,021

1,08

4

Ladang / Tegal

20

1,16

5

Hutan

831

48,31

Total Luas

1.720

100

Sumber data: Profil Desa Tahun 2009

  1. Prasarana Wilayah

No

Jenis Sarana Prasarana

Jumlah

Pemanfaat

Kondisi

Ket.

Layak

Tdk Layak

a

Prasarana Transportasi

1

Jalan Kabupaten

2 Km

Masy.

x

2

Jalan Kecamatan

3 Km

Masy.

x

3

Jalan antar Desa

15 Km

Masy.

x

4

Jalan Lingkungan

11 Km

Masy.

x

5

Gang

6

Jembatan

3 Buah

Masy.

x

b

Prasarana Air Bersih & Sanitasi

1

PDAM

2

Perpipaan

3 Unit

500 KK

x

3

PMA

2 Buah

100 KK

4

Mata Air

10 Unit

100 KK

x

5

Sumur Gali

420 Unit

2.100 KK

x

6

Jamban Keluarga

1277 KK

1277 KK

x

7

PAH

20 Unit

40 KK

x

c

Prasarana Pelayanan Kesehatan

1

Puskesmas Pembantu

2

Poskesdes

1

7.618 Jiwa

x

3

Posyandu

14

126 Jiwa

x

d

Prasarana Pendidikan dan Ibadah

1

Aliyah

2

70 Jiwa

x

2

MTs

2

196 jiwa

x

3

MI / SD

3

680 Jiwa

x

4

TK

3

100 Jiwa

x

5

Masjid

4

2.041 KK

x

6

Musholla

10

1.500 KK

x

Sumber data: Profil Desa Tahun 2009

1.1.2.2. Sumber Daya Manusia

Adapun kondisi sumber daya manusia yang ada di Desa Lembahsari menurut jumlah penduduk, jumlah KK, pendidikan dan Kesehatan sebagaimana pada tabel dibawah:

  1. Jumlah Penduduk

Penduduk (org)

Tahun

% Perkembangan

2018

2019

Laki-laki

3.830

1.03

Perempuan

1.01

Jumlah

1.02

Sumber data: Profil Desa Tahun 2009

  1. Jumlah Keluarga

Kepala Keluarga

Tahun

% Perkembangan

2008

2009

Laki-laki

1.889

1.933

1.02

Perempuan

346

344

0.99

Jumlah

2.235

2.277

1.02

Sumber data: Profil Desa Tahun 2009

  1. Pendidikan

Tingkat Pendidikan

Orang

Usia 3 – 6 tahun yang masuk TK

1.017

Jumlah yang pernah sekolah SD tetapi tdk tamat

1.279

Jumlah yang masih SD/tamat SD

400

Jumlah yang masih SLTP/tamat

342

Jumlah yang masih SLTA/tamat

125

Jumlah yang (D1, D2, D3)

28

Jumlah yang (S1, S2, S3)

10

Jumlah yang buta anksara

1.484

Sumber data: Profil Desa Tahun 2009

  1. Kesehatan

Kualitas Ibu

Orang

Jumlah ibu hamil

68

Jumlah hamil periksa di Posyandu

58

Jumlah hamil periksa di Puskesmas

10

Jumlah hamil periksa di Rumah Sakit

Jumlah ibu melahirkan

68

Jumlah ibu nifas

68

Jumlah kematian ibu nifas

Jumlah keguguran kandungan

4

Jumlah bayi lahir

68

Jumlah bayi lahir mati

1

Jumlah bayi lahir hidup

67

Jumlah bayi mati usia 0 – 1 bulan

1

Jumlah bayi mati usia 1 – 12 bulan

Jumlah bayi lahir berat kurang 2,5 Kg

2

Jumlah bayi 0 5 tahun hidup menderita kelainan

Sumber data: PLKB Tahun 2009

Status Gizi Balita

Orang

Jumlah balita

Jumlah balita bergizi buruk

1

Jumlah balita bergizi baik

Jumlah balita bergizi kurang

Keluarga berencana

Orang

Jumlah akseptor KB

1.026

Jumlah pengguna alat kontrasepsi suntik

530

Jumlah pengguna alat kontrasepsi spiral

12

Jumlah pengguna alat kontrasepsi pil

383

Jumlah pengguna alat kontrasepsi kondom

4

Jumlah pengguna metode vasektoni / MOW

11

Sumber data: PLKB Tahun 2009

Wabah Penyakit

Orang

Muntaber

Demam Berdarah

15

Kolera

Polio

Cikungunya

Flu Burung

Busung Lapar

Sumber data: Bidan Desa Tahun 2010

1.1.3. Keadaan Ekonomi Desa

Dalam dokumen ini kami tampilkan gambaran kondisi ekonomi masayarakat Desa Lembahsari secara umum berdasarkan sbb:

1.1.3.1. Pekerjaan

No

Jenis Pekerjaan

Jumlah

1

Petani

1.750

2

Pedagang

250

3

PNS

29

4

Buruh Tani

2.299

5

Buruh Swasta

250

6

Pengrajin

25

7

Peternak

200

8

montir

4

Sumber data: Profil Desa Tahun 2009

1.1.3.2. Kesejahteraan Keluarga

No

Kondisi Keluarga

Jumlah KK

1

Keluarga Prasejahtera

1.027

2

Keluarga Sejahtera 1

785

3

Keluarga Sejahtera 2

311

4

Keluarga Sejahtera 3

151

5

Keluarga Sejahtera 3 Plus

3

Jumlah

2.277

Sumber data: Bidan Desa Tahun 2010

1.1.3.3. Pengelolaan Keuangan Desa Atau Penganggaran Keuangan Desa

Pengelolaan Keuangan desa mengacu pada peraturan menteri dalam negeri nomor 37 tahun 2007 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa yaitu: Sumber pendapatan Desa, sistem Pengelolaan Desa, dan Penggunaan keuangan desa. Pengeloaan keuangan Desa Lembahsari dijabarkan dalam Peraturan Desa Lembahsari Nomor 03 Tahun 2019, tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.